Sabtu, 03 November 2012

Membuat garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan menggunakan OpenGL

Diposting oleh amalya insani di 23.26

Pengertian OpenGL

         Sebelum kita membuat aplikasinya, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu openGL.
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun 3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan, fungsi yang bebeda yang dapat digunakan untuk menggambar 3D dengan bentuk-bentuk primitif sederhana.
        OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992, dan secara luas digunakan dalam video game, dimana bersain dengan Direct3D on Microsoft Windows platform.
OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi konsorsium nirlaba yaitu Khronos Group. 

Memulai program

Pertama kita buka dulu program C++ yang kita gunakan sebagai interfacenya.
Lalu pilih File pada Menu, lalu pilih  New kemudian pilih  Project
Setelah tampil kotak New projectpilih  Multimedia lalu pilih OpenGL kemudian  OK.
Dan setelah selesai membuat project, dilanjutkan dengan membuat program/aplikasi sederhana OpenGLnya.

Membuat garis vertikal

source code :


output :




Membuat garis horizontal

source code :




output : 


 

source code :


output :

Penjelasan Program

glClearColor(0.1f,0.1f,0.1f,0.1f) = Warna untuk latar belakang dalam mode RGBA

glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT); = Membersihkan layar latar belakang

glPushMatrix (); = Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

glClearColor(0,0,0,0); = Untuk menentukan warna garis/titik

glColor3f(1,1,1); = Untuk menentukan warna garis/titik

glBegin(GL_LINES); = Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan

glVertex3f(0,0,-0.0); = Untuk menentukan titik aal yang digunakan

glVertex3f(0.0,0.0,0.0); = Untuk menentukan titik akhir yang digunakan

glEnd (); = Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir

glPopMatrix (); = Membuat baris kode menjadi titik berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC); = Untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1); = Program berhenti sejenak



                                                               Tugas : Grafik komp & Pengolahan Citra (Lily wulandari)

                                                                                          Amalia Insani
                                                                                            18110854
                                                                                               3KA28

0 komentar:

Posting Komentar

 

amalia insani Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review